>Inilah Misteri Lukisan Michaelangelo

>Michaelangelo dipercaya peneliti telah menyembunyikan sketsa anatomi di balik lukisannya. Tak hanya Leonardo da Vinci yang gemar menyisipkan kode-kode rahasia di balik karyanya. Maestro seni Renaissance asal Italia, Michelangelo, juga ternyata menyisipkan simbol serupa di salah satu mahakaryanya di Kapel Sistina (Sistine Chapel), Vatikan, Roma.

Menurut dua ilmuwan syaraf Amerika, Ian Suk dan Rafael Tamargo, gambar otak dengan cerdik telah disembunyikan dalam penggambaran Ketuhanan.
Mereka yakin Michelangelo menyisipkan ilustrasi anatomi pada lukisan yang dibuatnya antara tahun 1508 dan 1512 sebuah karya yang membuat para peziarah dan turis terkagum-kagum selama ratusan tahun.
Jika ditelisik secara teliti, gambar anatomi itu terdapat pada lukisan sosok Tuhan yang sedang memisahkan terang dari kegelapan dengan tangan-Nya.
Ian Suk dan Rafael Tamargo dari Johns Hopkins University School of Medicine, Baltimore, Maryland, percaya ini merupakan lipatan atau celah-celah dari otak manusia. Mereka juga percaya bahwa penampakan yang aneh ini di mana terdapat lipat vertikal di jubah merah yang dikenakan oleh tokoh itu merupakan tampilan saraf tulang belakang, dan yang lipatan Y misterius di pinggang mungkin merupakan syaraf optik.
Seperti diketahui, Michelangelo adalah penggemar anatomi. Kepala biara mengizinkannya meneliti mayat di rumah sakit gereja. Namun, belakangan Michelangelo diketahui menghancurkan semua sketsa dan catatan anatomi yang pernah dibuatnya.
Seperti dituliskan dalam jurnal Neurosurgery, para ahli menyimpulkan di situlah Michelangelo menyisipkan gambar detail otak manusia sebagai sebuah pesan rahasia.
Dr. R. Douglas Fields dari Universitas Maryland mengatakan karya Michelangelo memunculkan interpretasi jamak.

“Termasuk soal pemisahan ‘cahaya dari kegelapan’ yang diduga merupakan terjemahan artistik tentang pertentangan antara agama dan ilmu pengetahuan,” dia menulis blog di laman Scientific American. “Bukan rahasia bahwa hubungan Michelangelo dan gereja tegang. Michelangelo pria yang sederhana tapi dia membenci kehidupan gereja ketika itu yang penuh foya-foya dan korup.”

Leonardo da Vinci telah menghasilkan sebuah studi rinci soal syaraf optik selama 20 tahun sejak 1487, sebuah studi yang menganggap bahwa Michelangelo mungkin telah melakukan hal sama. Hubungan antara Michaelangelo dan Vatikan menjadi semakin kritis selama karirnya. Dia diminta Paus Julius II melukis Kapel Sistina kemudian membenci apa yang dia hasilkan.
Ini bukan kali pertama ilmuwan memergoki hal yang aneh di lukisan fresco Michelangelo.
Pada 1990, dokter Frank Meshberger menunjukan sebuah lukisan Michelangelo yang menggambarkan Tuhan sedang menciptakan Adam, adalah ternyata juga ilustrasi sempurna otak manusia.
Michelangelo menolak dimakamkan di tanah Vatikan. Dia memilih dimakamkan di Florence, Italia. Lukisannya di Kapel Sistina adalah tanda-tanda penentangan Michelangelo atas gereja. 

Posted on 18 Maret 2011, in Aneh Dan Unik, informasi, Misteri, pengetahuan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 1,071,602 hits
  • Arsip

  • Kategori

  • Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

    Bergabunglah dengan 20 pengikut lainnya

  • %d blogger menyukai ini: