>Nikah Muda Berisiko Mati Muda

>

Sebagian remaja putri di Bangka Belitung (Babel) yang memutuskan menikah muda dalam usia 17 sampai 18 tahun, memicu kasus angka kematian ibu melahirkan cukup tinggi. Sebanyak 40 kasus terjadi pada 2010.
“Pernikahan usia muda berisiko kematian saat melahirkan, karena organ produksinya belum siap, sementara acuan usia subur pada usia 20 tahun,” ujar Kepala Bidang Informasi Keluarga dan Analisis Program pada BKKBN Babel, Taufik di Pangkalpinang.
Menurut dia, kasus menikah muda sudah biasa terjadi di Babel terutama pada kelompok keluarga miskin dan minim pendidikan dalam meningkatkan kesejahteraannya, sehingga situasi dan kondisi ekonominya yang berat mengakibatkan mereka memilih menikah muda.
Ia menjelaskan, angka kematian ibu di Babel pada 2010 ditemukan 40 kasus dan angka ini sedikit menurun dibandingkan 2009 yang ditemukan 42 kasus.
Menurut dia, pernikahan usia muda juga memicu banyaknya kelahiran bayi pada kelompok keluarga miskin, sehingga menambah ‘rantai’ kemiskinan masyarakat di provinsi kepulauan tersebut.
Ia mengatakan, jumlah kasus kematian ibu, baik saat hamil, bersalin dan nifas, tersebut masih tergolong tinggi dan belum memenuhi target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) maupun sasaran pembangunan berkelanjutan atau Millennium Development Goals (MDGs).
“Kami terus berupaya menekan pertumbuhan pernikahan usia muda dengan menggencarkan program Keluarga Berencana (KB) dan bantuan usaha sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin di daerah kabupaten dan kota,” ujarnya.
Iklan

Posted on 25 Februari 2011, in informasi, News, pengetahuan. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 1,083,906 hits
  • Arsip

  • Kategori

  • Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

    Bergabunglah dengan 20 pengikut lainnya

  • %d blogger menyukai ini: