>Merek Mobil Paling Terkenal Tahun Ini

>

Honda Jazz (surfingzone.net)

Honda Jazz kembali mendapat Top Brand Award 2011 dari Frontier Consulting Group untuk kategori mobil kota. Honda Jazz mengungguli Toyota Yaris berturut-turut dalam ajang keterkenalan merek.

Dalam keterangan tertulis, Kamis 10 Februari 2011, Frontier Consulting melakukan survei terhadap 3.600 responden di enam kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, dan Makassar. Metodologi yang digunakan dalam riset ini adalah wawancara langsung dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data.

Frontier Consulting  memilih merek dengan tiga kategori, yaitu mind share atau posisi merek di benak konsumen, market share atau posisi merek berdasarkan pemakaian oleh konsumen, dan commitment share yaitu posisi merek berdasarkan pada keinginan konsumen untuk menggunakannya lagi di masa mendatang.

Dalam survei ini, Jazz mendapat angka 46,4  persen dan Yaris 17,9 persen. Sisanya merek-merek lain, seperti Suzuki Karimun Estilo, Suzuki Swift, dan Hyundai Atoz yang masing-masing di bawah 10 persen.

Di segmen mobil minibus, Toyota Avanza berhasil mengungguli Toyota Kijang dan Suzuki APV. Avanza mendapat  28,4  persen, Kijang mendapat  24,1 persen, dan APV sebesar 12,5. Sisanya, responden memilih Daihatsu Xenia, Isuzu Panter, dan Nissan Grand Livina.

Direktur Pemasaran dan Purnajual Honda Indonesia Jonfis Fandy mengatakan, penghargaan Jazz merupakan yang keempat kalinya sejak 2008.  Sejak peluncuran di Indonesia pada 2004, Honda mengklaim, Jazz mendominasi pasar sedan tak berbuntut alias  hatchback. Pangsa pasar pada tahun lalu mencapai 42 persen.

Sementara itu, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Joko Trisanyoto mengatakan bahwa hasil survei itu memberikan gambaran produk dan layanan Toyota telah mendapat kepercayaan konsumen. “Kami terdorong untuk terus berupaya meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pelanggan,” katanya.

Pelumas mobil paling terkenal versi Top Brand adalah  Top1 (27,3 persen), Prima XP (16,4 persen), dan  Castrol (16,3 persen). Sisanya Shell Helix, Fastron, Motul, Repsol, Agip, BM-1, dan Evalube.

Iklan

Posted on 17 Februari 2011, in Mobil, News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

  • Blog Stats

    • 1,083,936 hits
  • Arsip

  • Kategori

  • Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui surel.

    Bergabunglah dengan 20 pengikut lainnya

  • %d blogger menyukai ini: